Real Digital Learning, Cara Acer Memajukan Kualitas Pendidikan Bangsa Image
Real Digital Learning, Cara Acer Memajukan Kualitas Pendidikan Bangsa
28 Dec 2016  |  By Acer Indonesia

Di era digital seperti saat ini, semua aspek kehidupan tidak bisa dipisahkan dari teknologi, termasuk dunia pendidikan. Sayangnya, proses belajar mengajar di hampir semua sekolah di Indonesia masih terbatas pada penggunaan papan tulis dan buku cetak. Tak heran bila banyak yang bosan dan mengantuk saat mendengarkan penjelasan guru di depan kelas.

Makanya, sekolah perlu segera menyesuaikan cara belajar mengajar dengan menggunakan teknologi pembelajaran berbasis digital (digital learning), seperti menggunakan laptop atau tablet. Sistem ini tak hanya dapat menghindarkan siswa dari rasa jenuh selama mengikuti pelajaran, penggunaan teknologi di dunia pendidikan juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran.

Kondisi inilah yang membuat Acer sadar akan ‘tugas’ membangun generasi bangsa yang cerdas. Sebagai wujud komitmen untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan Indonesia, Acer Indonesia bekerja sama dengan PesonaEdu, software developer lokal yang fokus mengembangkan aplikasi pendidikan, menggagas project Real Digital Learning.

Real Digital Learning merupakan program untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui penggunaan teknologi di sekolah dengan perangkat dan konten yang sudah terintegrasi dalam satu pintu. Komponen pembelajaran digital dalam program ini melingkupi tersedianya konten pembelajaran digital dalam bentuk buku digital interaktif (e-book) yang diterbitkan oleh PesonaEdu. Sementara Acer memberikan fasilitas terbaik untuk siswa dan guru yang memudahkan mereka untuk belajar dan mengajar. Seperti Acer Switch One 10 dan Travelmate B117 yang siap mewujudkan digital learning dan digital classroom dalam sistem pendidikan Indonesia.

Untuk memperkenalkan program Real Digital Learning, Acer telah menggelar workshop dengan mengundang sejumlah perwakilan sekolah, mulai dari tingkat SD hingga SMA, di Jakarta, Padang, dan Medan. Para peserta yang hadir juga diberi kesempatan untuk merasakan keunggulan Acer Switch One 10 dan Travelmate B117 secara langsung.

Acer Switch One 10 dan TravelMate B115 memang partner kerja dan belajar yang andal. Acer Switch One 10 menawarkan fleksibilitas berkat 4 mode penggunaan, seperti mode notebook, tablet, tent, dan display. Sementara TravelMate B115 dengan performa, bobot, dan fiturnya dapat menunjang dalam setiap kegiatan. Para guru dapat mengetik untuk mempersiapkan materi presentasi, sementara para siswa dapat mengakses berbagai aplikasi pendidikan dengan mudah.

Tak hanya itu, Acer bahkan memperkenalkan aplikasi Acer Classroom Manager untuk membantu para guru dalam mengatur dan memonitor kegiatan pembelajaran di laptop setiap siswa. Aplikasi ini juga memfasilitasi kebutuhan murid dan guru dalam menciptakan interactive learning yang lebih efektif dan efisien.

Dengan inisiatif dan kolaborasi ini, diharapkan akan banyak sekolah yang menetapkan sistem e-learning yang positif demi kemajuan bangsa. Ingat, agar dapat bersaing dengan negara-negara maju, Indonesia harus memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Hal tersebut dapat dimulai dari pendidikan.