Bagaimana Acer dan AI Membawa Perubahan Bisnis di Era Digital? Image
Bagaimana Acer dan AI Membawa Perubahan Bisnis di Era Digital?
03 Jan 2019  |  By Acer Indonesia

Dalam waktu 10 tahun belakang ini, media sosial telah berperan besar dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun besar. Cara ini membantu Anda menjalankan bisnis tanpa memerlukan banyak modal. Seiring berkembangnya zaman, muncullah bentuk teknologi lain yang dapat membawa kesuksesan dan masa depan bisnis di era digital, yaitu Artificial Intelligence (AI).

 

Ketika AI disebutkan, mungkin Anda berpikir tentang robot dan berbagai penemuan science fiction lainnya. Namun, AI bukan hanya sekadar robot yang bisa berjalan saja. Munculnya chatbot dan asisten pribadi virtual juga merupakan hasil dari AI. Alexa dari Amazon, Home dari Google, Siri milik Apple, dan Cortana dari Microsoft, semuanya menggunakan algoritma berbasis AI untuk membuat hidup semakin seba praktis dan tanpa batas.

 

Istilah AI sebenarnya mengacu untuk perangkat atau aplikasi yang mampu melaksanakan tugas-tugas tertentu dengan cara manusia, yaitu meniru fungsi-fungsi kognitif seperti belajar, berpikir, menyelesaikan masalah, memahami bahasa dan visual. Secara umum, AI mencakup sistem untuk melaksanakan satu tugas dengan cerdas.


 

Bagaimana AI Bekerja untuk Industri Bisnis?

 

Saat ini, AI telah mengubah dunia digital di sekitar kita. Teknologi ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah di segala bidang, mengubah cara Anda bekerja, dan menikmati kehidupan sehari-hari. Di sektor bisnis, AI dapat meningkatkan penjualan, mendeteksi penipuan, meningkatkan pengalaman konsumen, dan menyediakan analisis marketing yang baik.

 

Selain itu, menerapkan AI dan Machine Learning (ML) akan memberikan efek besar pada efisiensi perusahaan. Alasannya, sistem cerdas ini dapat mengotomatisasikan berbagai pekerjaan dan membantu mengurangi risiko kesalahan manusia. Sistem pun akan terus ‘belajar’ dan menjadi lebih ‘pintar’, sehingga memberikan hasil yang lebih baik.

 

Sudah banyak perusahaan menggunakan dan merasakan manfaat yang signifikan dari penggunaan AI. Sebut saja Coca Cola yang berinvestasi mengembangkan teknologi AI dengan harapan mendapatkan ide tentang apa yang diinginkan oleh konsumennya. Pada 2017, Coca Cola akhirnya merilis Sprite Cherry berdasarkan analisis produk yang dilakukan AI. Perusahaan soft drink ini pun berencana terus mengeksplor teknologi AI untuk mesin penjualnya (vending machine) agar dapat berinteraksi dengan konsumen.

 

Acer Hadirkan Acer Altos Cloud AIoT-ready

Transformasi teknologi dan internet yang marak tersebut membuat Acer adaptif dan fleksibel menyesuaikan dinamika kebutuhan konsumen. Untuk menjawab tantangan di zaman digital ini, Acer meluncurkan inovasi teknologi terbarunya bernama Acer Altos Cloud AIoT-ready.  Teknologi pintar ini menggabungkan dua teknologi, yaitu Internet of Things (IoT) dan AI atau lebih dikenal dengan sebutan Artificial Intelligence of Things (AIoT).

 

Acer Altos Cloud AIoT-ready merupakan solusi terbaik terkait AIoT dengan mengintegrasikan perangkat lunak dan keras. Teknologi ini memanfaatkan kekuatan dan keandalan server, menguatkan infrastruktur jaringan, akselerator, dan platform cloud untuk yang paling canggih untuk kesuksesan bisnis, apalagi untuk bisnis yang sedang berkembang. Jadi, jangan ragu memajukan bisnis Anda bersama Acer.


Untuk mengetahui Informasi lengkap seputar produk Acer dalam membantu kemudahan bisnis di era digital ini, silahkan hubungi tim kami melalui email di ain.commercial@acer.com.